Apa Itu GRC Serta Fungsi Kegunaanya

GRC atau juga dikenal sebagai GFRC adalah singkatan dari Glass-fibre Reinforced Concrete. Material ini merupakan material komposit atau campuran dari beton dan kaca. Susunan material ini terdiri pasir halus, semen, polimer akrilik, air, agregat, serta kaca serat tahan alkali.

Ciri-ciri dari material ini adalah tahan lembab, tahan api, ringan, serta tidak mudah lapuk. Oleh karena itu awet dan tahan lama terutama untuk daerah tropis. Material ini tahan terhadap serangan rayap serta jamur sehingga perawatan bangunan akan lebih mudah.

Baca : Harga Pagar Besi

Material ini juga sangat mudah pemasangannya sehingga dapat dipasang secara cepat. Permukaannya yang halus dan datar membuat material ini mudah untuk diberikan finishing serta dapat langsung dicat tanpa plamir. Oleh karena itu, material ini disukai sebagai elemen pelengkap atau dekorasi interior.

Baca Juga : Harga Kitchen Set Minimalis

Apa saja kegunanaan GRC?

Kegunaan GRC sangat beragam. Terlebih lagi GRC juga tahan terhadap cuaca, sehingga material ini dapat diaplikasikan pada interior maupun eksterior bangunan. Kegunaan GRC meliputi:

  1. Elemen Dekoratif, karena ringan dan fleksibel GRC dapat mudah dibentuk sebagai ornamen berupa relief untuk dekorasi. Contohnya, kita bisa menjumpai GRC digunakan dalam bentuk panel dekoratif pada masjid.
  2. Cladding eksterior atau dinding bangunan dengan ketebalan berkisar 9mm hingga 12mm. Ketebalan ini tentu bisa menghemat luasan ruangan dibandingkan bata yang dapat mencapai 15mm hingga 18mm.
  3. Kubikal toilet, karena sifatnya yang tahan lembab GRC dapat diaplikasikan sebagai partisi untuk kubikal toilet.
  4. Plafon, tidak diragukan lagi kualitasnya karena material ini tahan lembab serta tahan terhadap serangan rayap dan jamur. Hal ini tentu menghemat biaya perawatan saat bangunan mulai digunakan.
  5. Lisplang, penggunaan lisplang GRC juga semakin populer apalagi dengan kehadiran lisplang GRC motif kayu.
  6. Partisi ruangan, karena mudah untuk diberikan finishing dan mudah dipasang material ini sangat cocok digunakan sebagai elemen interior.
  7. Pagar, karena tahan panas dan hujan GRC juga dipakai sebagai pagar. Bahkan GRC dapat dibuat ke berbagai bentuk sesuai selera Anda untuk mempercantikan tampilan rumah. Kini GRC juga hadir dengan motif kayu.
  8. Lantai, GRC yang tersedia dalam bentuk panel berukuran 15 mm x 1220 mm x 2440 mm dapat digunakan sebagai lantai. Beratnya yang ringan akan mengurangi beban mati pada bangunan.

Keunggulan GRC

Kita dapat melihat bahwa GRC dapat digunakan pada berbagai tahapan proyek dan untuk berbagai kebutuhan. Hal ini dikarenakan GRC memiliki banyak keunggulan, seperti:

  1. Waktu pemasangan yang lebih cepat serta kemudahan pemasangan
  2. Permukaannya halus sehingga terlihat lebih rapi dibandingkan dinding konvensional
  3. Mudah dirawat sehingga menghemat biaya maintenance serta mudah diganti apabila ada yang rusak
  4. Pengerjaannya juga lebih bersih sehingga tidak membuat lokasi proyek terlalu kotor, terutama untuk proyek renovasi
  5. Biaya upah lebih hemat karena mudah dan cepat pemasangannya

Anda tidak perlu repot mencari info harga besi GRC ke toko Bahan Bangunan yang menjual GRC. kami akan memberikan informasi seputar harga harga besi GRC terbaru dan terupdate bulan ini

Baca : Harga Pagar GRC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *