Cara Mengatasi Serangan Rayap Pada Kayu

Rayap merupakan salah satu hama yang kerap menjadi masalah untuk bagian-bagian dalam rumah yang berbahan kayu. Awalnya mungkin hanya berupa serbuk-serbuk kayu yang muncul, namun kemudian lama-kelamaan tanpa kita sadari kayu pada perabotan kita mulai mengalami pelapukan. Apabila tidak segera diatasi, maka perabotan, kusen, pintu, atau tiang kayu di dalam rumah kita akan mengalami keropos. Bukan hanya soal keindahan rumah yang berkurang, namun aspek keselamatan juga akan terganggu apabila rayap menyerang elemen-elemen struktural pada rumah.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi serangan rayap pada kayu. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengusir atau membasmi rayap. Namun penggunaan bahan-bahan kimia tidak hanya memberi dampak buruk untuk rayap, tetapi juga untuk kesehatan kita. Oleh karena itu, kita membutuhkan cara-cara yang lebih alami dan lebih ampuh untuk mengatasi rayap.

Baca : Harga Kusen Kayu

Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk mengatasi rayap tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Bahkan peralatan yang dibutuhkan pun cukup sederhana. Bahan-bahan serta peralatan yang dibutuhkan dapat kita peroleh dengan mudah karena kita gunakan sehari-hari. Berikut cara ampuh untuk atasi rayap pada kayu di rumah kita:

Menggunakan Jebakan Kardus

Ambil beberapa lembar kardus, lalu basahi dengan air (jangan sampai terlalu basah dan merusak tekstur kardus). Kemudian letakkan kardus di sekitar sarang rayap agar mereka dapat menemukannya secara mudah. Serat-serat pada kardus pada dasarnya mirip dengan serat pada kayu. Ketika rayap mulai berkumpul dan memakan kardus, Anda bisa membaca lembaran kardus keluar untuk dibuang lalu dibakar.

Baca : Harga Teralis Jendela

Menggunakan Penyejuk Ruangan

Dengan menggunakan penyejuk ruangan, Anda juga bisa membasmi rayap yang menyerang perabotan kayu Anda. Pada dasarnya, rayap suka dengan tempat yang hangat dan lembab. Ketika Anda meletakkan perabotan Anda di dalam tempat yang berpenyejuk ruangan, rayap-rayap yang berada di dalam perabotan Anda akan mati kedinginan.

Menggunakan Air Cucian Beras

Air cucian beras memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah untuk mengusir rayap. Caranya sederhana, Anda cukup menyiramkan air beras ke sekeliling tempat tinggal rayap saja.

Baca : Harga Gazebo Minimalis

Menggunakan Garam

Bahan-bahan di dapur dapat Anda manfaatkan untuk mengusir rayap secara alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan garam. Cukup dengan menaburkan garam dapur di sekitar sarang rayap, maka rayap tidak akan bisa keluar dari sarangnya dan lama kelamaan akan mati.

Menyiram Minyak Tanah

Bahan lainnya yang dapat Anda temukan di dapur dan dapat digunakan untuk mengusir rayap adalah minyak tanah. Dengan menyemprotkan minyak tanah ke dalam sarang rayap, rayap akan berhamburan keluar.

Menjemur Perabotan

Selain menyukai tempat yang hangat, rayap juga menyukai tempat yang lembab. Anda dapat mengusir rayap dengan mengeringkan perabot kayu Anda dengan cara yang dijemur.

Itulah cara-cara untuk mengusir rayap secara alami dengan bahan-bahan dan peralatan sederhana yang dapat Anda temukan sehari-hari. Selain tidak bikin repot, metode-metode pengusiran rayap ini tentu lebih sehat daripada menggunakan bahan-bahan kimia.

Untuk memastikan bahwa rumah Anda terhindar dari serangan rayap, rumah Anda harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dengan sinar matahari yang cukup, rumah Anda akan terhindar dari lembab yang disukai oleh rayap. Rumah Anda pun akan lebih sehat apabila mendapatkan pencahayaan alami yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *