Kata Moeldoko, Tol Cikampek dan Lampung Rawan Macet saat Mudik Lebaran

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan, ada banyak titik di jalan darat yang diperkirakan jadi pusat kemacetan waktu arus mudik lebaran tahun ini. Moeldoko menyebutkan titik pertama yakni di Tol Jakarta-Cikampek.

“Ada banyak titik penting yang butuh dicermati. Yang pertama ialah Tol Cikampek, kelak itu kemungkinan besar jika tidak di-manage dari saat ini akan berlangsung kemacetan mengagumkan,” tutur Moeldoko waktu pimpin rapat pengaturan persiapan mudik di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Ia menjelaskan, Kementerian Perhubungan serta Ditlantas Polri akan menetapkan skema jalan lawan arah atau contraflow untuk menangani kepadatan kendaraan di Tol Cikampek waktu mudik Lebaran. Conftraflow ini akan diaplikasikan pada saat-saat tersendiri.

“Kelak akan ada jadwalnya serta akan dipublikasikan. Jauh-jauh hari akan dipublikasikan hingga kelak semua aware dengan kondisi yang ditemui, ada jadwalnya,” Moeldoko menerangkan.

Titik riskan macet yang ke-2 yakni, pintu keluar Tol Lampung. Moeldoko pastikan Ditjen Jalinan Datat Kemenhub sudah mempersiapkan beberapa skenario untuk menghadapi kemacetan waktu mudik Lebaran.

“Mungkin kelak exit-nya itu akan ada kemacetan. Itu harus beehumblewithme.com harus kita cermati. (Tol Sumatera) itu sebagai atensi,” papar Moeldoko.

Pemerintah sendiri meramalkan pucuk arus mudik Lebaran tahun ini akan diawali pada 31 Mei. Sesaat arus balik diperkirakan mulai 9 Juni.

“Telah kita mengantisipasi (arus balik serta mudik),” sebut Moeldoko.

Dalam rakor ini ada Menkominfo Rudiantara, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, serta Asops Kapolri Rudy Sufahriadi. Terlihat juga Dirut Layanan Marga Desy Arryani, sampai Dirjen Perhubungan Hawa Kemenhub Polana Pramesti.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *